Rabu, 02 Januari 2013

Dollar Zimbabwe


          Berita Aneh - Kurs mata uang Zimbabwe anjlok ke tingkat terendah. Mata uang satu dolar AS diperdagangkan senilai satu miliar dolar Zimbabwe. Anjloknya mata uang Zimbabwe mengakibatkan harga barang meroket tajam. Pada sesi perdagangan, nilai tukar satu dolar AS melonjak drastis sekitar 1,45 miliar dolar Zimbabwe. Dan pada awal pekan ini, kurs mata uang ZWD menguat mencapai 700 juta dolar Zimbabwe per dolar AS. ( $1 USD = $700 Juta ZWD).

Uang pecahan Zimbabwe yang baru senilai $ 10,000,000,000 ZWD atau 10 Miliyar Dollar dalam satu lembar.
Sebelum Januari 2011 uang $500 juta ini setara $1,6 Amerika atau Rp.15,000 di Indonesia, tapi sekarang kurs ZWD tembus $700 Juta per Dollar.
Bank Sentral Zimbabwe Januari lalu, mengedarkan uang kertas 10 juta dolla, pada April uang kertas 50 juta dollar diterbitkan. Mei, mengedarkan uang kertas 100 juta dollar dan 250 juta dollar. Kemudian berturut-turut mencetak uang kertas bernominal 5 miliar, 25 miliar dan 50 miliar dollar.
Dollar Zimbabwe yang secara resmi dipatok sebesar 30.000 dollar Zimbabwe per satu dollar AS itu, saat ini melonjak menjadi sekitar 800 juta dollar Zimbabwe per dollar AS.
Bank induk Zimbabwe resmi mengeluarkan pecahan uang dengan nilai $10,000,000,000 (10 Miliyar dollar zimbabwe) sekaligus mencatat rekor terbaru pecahan uang terbesar di dunia. Sehingga negara ini masuk dalam daftar 10 besar negara termiskin dunia.
Bank sentral Zimbabwe, rencananya akan mulai mengedarkan uang kertas dengan nilai nominal 100 miliar dollar Zimbabwe, sebagai langkah menghadapi hiperinflasi yang mencapai 2,2 juta persen di negara tersebut.
Zimbabwe sebelumnya, telah mengeluarkan uang kertas senilai 50 miliar dollar Zimbabwe. Negara di kawasan Afrika bagian selatan itu menghadapi kelangkaan berbagai bahan pangan dan bensin dan juga lamanya antrian bila ingin mengambil uang di bank.
Nilai mata uang negeri itu terdepresiasi sekitar 84 persen sejak Bank Sentral Zimbabwe mengambangkan kurs mata uang setelah bertahun-tahun mematok kurs. Menurut pengamat, melorotnya nilai mata uang dolar Zimbabwe dipicu oleh inflasi serta permintaan uang tunai yang luar biasa banyak.
Gubernur bank Sentral Gideon Gonom seperti dikutip Reuters, menyatakan, sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan jumlah uang yang boleh diambil dalam sehari. saat ini pihaknya membatasi pengambilan uang tunai sebesar 100 miliar dollar dalam sehari, jumlah itu hanya cukup untuk membeli dua kerat roti, atau naik bus komuter pulang pergi.
”Nilai tukar didorong oleh permintaan terhadap valuta asing, serta keinginan untuk mengamankan dana menghadapi inflasi,’’ kata Mudzingwa Nhiwatiwa, analis pada ZABG Banking Group.

Inflasi Menggila
“Hal itu menunjukkan kapasitas valuta kami sangat rendah. Jika kami tidak mampu memulihkan ekspor dan produksi, dolar Zimbabwe akan terus terdepresiasi secara tajam,” ujar Mudzingwa Nhiwatiwa menambahkan.
Kapasitas produksi Zimbabwe yang banyak bergantung pada sektor pertanian, menurun tajam akibat krisis pertanahan. Presiden Robert Mugabe mengeluarkan kebijakan menyita lahan milik warga kulit putih untuk diberikan kepada warga pribumi.
Harga barang-barang kebutuhan pokok melambung tinggi sejak terjadi gejolak politik pasca pemilu 29 Maret. Nhiwatiwa mengatakan, pembebasan sistem valuta asing yang tidak didukung dengan produksi mengakibatkan harga-harga meroket. Hal itu ditambah ketidakpastian politik akibat krisis pemilu.
Roti tawar yang dulu seharga 15 juta dolar Zimbabwe kini melonjak menjadi 600 juta dolar Zimbabwe. Satu liter minyak goreng harganya 2,5 juta dolar. Pada Februari lalu, inflasi di negeri itu mencapai 165.000 persen atau tertinggi di dunia. Angka inflasi makin menggila menjadi 1,8 juta persen pada Mei lalu.

Ini beberapa pecahan yg sudah dikeluarkan oleh bank induk di Zimbabwe dari 5 dollar sampe 250 juta dollar dalam satu lembar.
Tumpukan uang pecahan 1 juta dollar Zimbabwe ini belum tentu cukup untuk membeli makanan selama 3 hari.
Dibutuhkan $50 M (million) atau 50 juta dollar untuk membeli sebungkus kacang di pinggiran jalan zimbabwe.

Semua orang termasuk gelandangan sudah jadi milyader di sini.

Orang abis gajian, dilihat dari tampangnya saja, bukanya senang malah tambah menderita.
Saking sudah tidak berharganya, Money changernya saja sudah tidak ada yang mau menghitung kalau di Zimbabwe, karena malas dan sudah terbiasa, mereka pakai timbangan untuk mengukurnya, setelah ditimbang dapatnya cuma selembar uang 1 dollar.
Dibutuhkan Beberapa milyar untuk membeli satu ekor ayam disana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar