Sabtu, 09 Oktober 2010

Tugas 2

1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktifitas ekonomi?
3 unsur yang menyebabkan munculnya aktifitas ekonomi :
a. Kebutuhan
Kebutuhan manusia yang tidak terbatas bisa menyebabkan munculnya aktifitas ekonomi. Karena sangat tidak mungkin manusia bisa memenuhi kebutuhannya yang beraneka ragam dan bermacam-macam itu sendirian tanpa ada campur tangan dari pihak lain. Jadi secara otomatis pihak luarpun juga akan ikut berperan dalam memenuhi kebutuhan orang lain,walaupun peran dari pihak luar dalam membantu memenuhi kebutuhan itu kurang maksimal.
b. Keuntungan
Dalam menjalani suatu kehidupan,terdapat bermacam-macam sifat dan karakter manusia sebagai makhluk ekonomi. Pada umumnya manusia masih merasa kurang cukup dan merasa jauh dari kata puas dengan apa yang sudah dimilikinya,sehingga untuk mencapai kata puas tersebut,manusia itu merasa mempunyai keharusan untuk terus berusaha,salah satunya adalah mencari keuntungan-keuntungan yang menyertai usahanya. Dari kegiatan-kegiatan usaha tersebut juga merupakan salah satu penyebab munculnya aktifitas ekonomi,karena orang yang menginginkan keuntungan itu pasti tidak akan lepas dari interaksi dengan orang lain yang juga mempunyai tujuan yang sama,yaitu mencari keuntungan semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhannya sampai mencapai kepuasan.
c. Sosial (Menolong Sesama)
Manusia sebagai makhluk sosial tentunya juga tidak akan terlepas dari interaksi dengan orang lain. Interaksi itu juga merupakan salah satu penyebab munculnya aktifitas ekonomi,karena makhluk sosial pasti akan tergetar hatinya jika melihat kesusahan orang lain dan pasti akan memberi sedikit bantuan,walau tidak maksimal.

2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial? Jelaskan!
* Perusahaan adalah suatu organisasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan pendapatan dan keuntungan dengan usaha yang optimal pula,yaitu dengan cara memaksimalkan pengolahan sumber daya alam (bahan baku) yang tersedia dengan menggunakan sumber daya manusia yang maksimal juga,karena sumber pendapatan dari suatu perusahaan itu berdasarkan jumlah keuntungan yang didapat dari usaha yang maksimal tersebut.
* Lembaga Sosial adalah suatu organisasi yang terbentuk berdasarkan kesadaran sosial dari masing-masing manusia sebagai makhluk sosial yang bertujuan untuk dapat melayani masyarakat luas sesuai porsi/bagian dan bidang kebutuhan masing-masing masyarakat,dimana sumber pendapatan dari suatu lembaga sosial itu berasal dari sumbangan-sumbangan,hibah,subsidi dari pemerintah dan para donatur-donatur dermawan.

3. Apa saja faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan?
Faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan:
Letak suatu perusahaan sering disebut juga dengan tempat kediaman suatu perusahaan,yaitu tempat dimana perusahaan melakukan administrasi dan aktifitas perusahaan sehari-hari. Letak suatu perusahaan ini cenderung di kota-kota besar. Sedangkan tempat suatu perusahaan dapat diartikan sebagai keadaan fisik dari perusahaan untuk melakukan pengolahan kegiatan perusahaan.
a. Letak Perusahaan Berdasarkan Sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah ditempat tersebut. Seperti makanan khas Limpung (Jawa Tengah). Desa Limpung lebih dikenal dengan desa emping,hal tersebut disebabkan oleh seorang wanita yang sepanjang hidupnya hanya membuat emping. Dan sampai sekarang emping bisa menjadi bermacam-macam bentuk dan cita rasa.
b. Letak Perusahaan Berdasarkan Atas Sumber Daya Alam
Letak perusahaan yang berdasarkan atas sumber daya alam ini tidak bisa diatur/ditentukan oleh manusia,seperti pertanian,peternakan,dan pertambangan.
c. Letak Perusahaan Berdasarkan Ketentuan Pemerintah
Pemeritah menentukan dimana suatu perusahaan harus melakukan aktifitasnya,agar masyarakat disekitar tempat tersebut tidak merasa terganggu dengan adanya pembangunan perusahaan itu.
d. Letak Perusahaan Berdasarkan Faktor-faktor Ekonomi
Pada dasarnya jenis perusahaan ini berbentuk industri. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan lokasi suatu perusahaan :
* Keterjangkauan lokasi bahan baku/modal
* Ketersediaan sarana transportasi yang memadai
* Keterjangkauan jarak lokasi perusahaan dengan pemasaran
* Keterjangkauan dengan tenaga kerja yang dipakai
* Keterjangkauan sumber tenaga/energi yang tersedia
* Kondisi iklim

4. Tunjukkan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha! Jelaskan dengan contoh!
a. Lingkungan Eksternal Mikro
Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Lingkungan eksternal mikro terdiri dari:
* Langganan (Customer)
Untuk mengantisipasi perubahan langganan (customer),maka harus mengarahkan pengalokasian sumber dayanya sesuai kebutuhan dan keinginan para pelanggan (customer).
* Pesaing (Competitors)
Suatu organisasi atau perusahaan yang mengetahui alur persaingan,sehingga mampu memaksimalkan dan mengoptimalkan usaha-usaha dan trik-trik yang harus dilakukan.
* Penyedia (Suppliers)
Suatu penyedia harus selalu dinilai kualitas dan kuantitasnya,sehingga bisa disesuaikan dengan karakteristik yang diinginkan perusahaan.
* Pasar Tenaga Kerja (Labor Supply)
Faktor yang mempunyai pengaruh pada pasar tenaga kerja antara lain: reputasi perusahaan dimata angkatan kerja,tersedianya tenaga kerja yang sesuai persyaratan yang telah diajukan.
* Perwakilan Pemerintah
Peraturan yang dibuat pemerintah harus dipatuhi organisasi dalam menjalankan aktifitasnya,prosedur perijinan,dan pembatasan-pembatasan lain guna melindungi masyarakat.
b. Lingkungan Eksternal Makro
Lingkungan eksternal makro adalah lingkungan eksternal yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Lingkungan eksternal makro meliputi:
* Variabel-Variabel Ekonomi
Perlu dilakukan peramalan ekonomi dan antisipasi terhadap harga yang akan terjadi.
* Variabel-Variabel Politik-Hukum
Pemerintah melaksanakan peranannya sekaligus memberi perlindungan dan penetapan batasan-batasan yang semestinya harus dipatuhi.
* Lingkungan Sosial-Budaya
Meliputi nilai,norma,sikap,perilaku,pandangan,pola kehidupan berdasarkan atas tradisi,pendidikan,kelompok etnis,dan agama serta kepercayaan yang didapat dari masyarakat.
* Perkembangan Tekhnologi
Tekhnologi berperan dalam penentuan produk dan jasa yang akan diproduksi,perlengkapan yang akan digunakan,dan bagaimana kegiatan tersebut akan dikelola.
* Dimensi Internasional
Kekuatan internasional ini berpengaruh melalui perkembangan politik di dunia,ketergantungan ekonomi dengan negara lain,penularan nilai-nilai dan sikap hidup dari negara lain,serta transfer tekhnologi antar negara.

Sumber : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar