Minggu, 14 November 2010

Tugas 6

1. Jelaskan dengan singkat, sifat produksi yang saudara ketahui. (Maksimal 4)
  • Sifat produksi berdasarkan bahan baku : dalam hal ini produsen harus melakukan pemilihan bahan baku yang tepat untuk melakukan produksinya,agar hasil barang produksinya tersebut menjadi berkualitas baik dan tidak mengecewakan para konsumen.
  • Sifat produksi berdasarkan proses pengolahannya : dimana dalam hal ini produsen harus memikirkan cara pengolahan barang yang akan diproduksi dengan lebih mudah dan secepat mungkin agar tidak mengecewakan pasar dan dapat memenuhi permintaan pasar.
  • Sifat produksi berdasarkan daya tahan barang yang diproduksi : disini produsen seharusnya memikirkan berapa lama barang yang akan diproduksi dapat bertahan didalam masyarakat agar dapat mengetahui berapa banyak jumlah barang yang harus di produksi untuk mnghasilkan keuntungan yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan.
  • Sifat produksi berdasarkan cara pemakaian dan pemeliharaannya : ketika suatu barang diciptakan oleh produsen, pasti produsen tersebut akan memikirkan tujuan diciptakannya barang tersebut dan memikirkan bagaimana cara memeliharanya yang baik. Karena jika barang yang diproduksi tersebut tidak memiliki tujuan yang tepat dan cara pemeliharaan yang rumit, maka barang tersebut pasti tidak akan laku di pasaran.
2. Jelaskan secara singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi.
  • Secara Umum, Produksi adalah suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) menjadi keluaran (output) yang memiliki nilai jual dan kegunaan tertentu sehingga dapat diminati dalam pasar.
  • Secara Ekonomi, Produksi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan usaha penciptaan dan penambahan kegunaan atau utilitas suatu barang dan jasa, yang menghasilkan kekayaan melalui eksploitasi manusia terhadap sumber-sumber kekayaan lingkungannya tersebut.
3. Dalam bidang produksi mempunyai 5 tanggung jawab keputusan utama. Sebutkan dan jelaskan!
  • Proses : keputusan-keputusan dalam kategori ini menentukan proses fisik atau fasilitas yang digunakan untuk memproduksi barang atau jasa, yang mencakup jenis peralatan dan tekhnologi, arus proses, tata letak (lay out) peralatan, dan seluruh aspek fisik pabrik atau fasilitas jasa pelayanan, terutama dalam menentukan harga suatu barang, agar tidak menyebabkan kerugian maupun kebangkrutan.
  • Persediaan : manajer persediaan membuat keputusan-keputusan dalam bidang produksi, menyangkut apa yang dipesan, berapa banyak pemesanan, serta kapan pemesanan akan dilakukan. Persediaan tidak boleh terlalu tinggi, karena dapat mengganggu cash-flow, dan persediaan juga tidak boleh terlalu rendah.karena akan menyebabkan loss of sale.
  • Kapasitas : keputusan kapasitas dimaksudkan untuk menentukan besarnya kapasitas yang tepat dan penyediaan pada waktu yang tepat, biasanya dalam jangka pendek kapasitas kadang-kadang diperbesar dengan mengadakan sub-kontak kepada pihak luar atau penambahan regu (shift) eksta atau menyewa ruangan/peralatan tambahan, dan dalam kapasitas jangka panjang ditentukan oleh besarnya fasilitas fisik yang dibangun.
  • Tenaga Kerja : proses produksi tidak mungkin berlangsung tanpa tenaga kerja yang menggarap kegiata untuk menghasilkan produk, baik berupa barang atau jasa. Keputusan tentang tenaga kerja mencakup seleksi, penggajian, pelatihan, penempatan, penyeliaan atau supervisi.
  • Mutu/Kualitas : merupakan tanggung jawab produksi yang penting dan harus didukung oleh organisasi secara keseluruhan sehingga dapat memuaskan konsumen yang menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar