Rabu, 21 November 2012

Bikram Yoga



Ada beberapa aliran yoga antara lain hatha yoga, vinyasa yoga, pilates yoga, bikram yoga, dan masih banyak yoga-yoga yang lain.
Bikram yoga ini juga dikenal sebagai hot yoga, karena dilakukan di ruangan yang bersuhu 105F atau 40.5C, yang dimana suhu tersebut sangatlah panas. Ditambah lagi kelembabannya diatur sekitar 40%.
Bikram yoga ini mempunyai 26 gerakan dimana masing-masing gerakan diulang 2 kali dilakukan selama 90 menit. Yoga ini terbuka untuk segala golongan, laki-laki atau perempuan, remaja atau orang tua, dengan bentuk badan yang tentunya macam-macam tidak ada larangan buat ikut kelas pertama bikram yoga ini. Setiap gerakan disini akan memperkuat bagian otot-otot tertentu, ligamen dan sendi-sendi yang nantinya akan merangsang organ-organ, kelenjar dan susunan syaraf untuk menyalurkan darah segar yang mengandung oksigen ke seluruh bagian tubuh manusia.
Dengan latihan yang teratur maka diharapkan bikram yoga ini akan memperbaiki system kesehatan, menambah energy dan mencegah kita untuk jatuh sakit dan meminimalkan efek-efek penuaan.
Menurut penemunya alias Bikram, ruangan yang sengaja dipanaskan itu diharapkan agar otot-otot kita terjaga dari gerakan stretching yang dilakukan selama gerakan-gerakan. Selain itu, suhu yang panas tersebut juga membantu tubuh kita untuk detoksifikasi dengan cara membuka pori-pori di kulit untuk mengeluarkan racun-racun. Temperatur yang tinggi juga mempercepat detak jantung agar latihan cardionya menjadi lebih baik, membantu memperbaikin daya tahan tubuh dengan cara meletakkan jaringan otot ke tingkat yang paling optimal, dan memperlunak jaringan kolagen di sekitar sendi agar bisa mempunyai gerakan yang lebih flexible.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar