- Konsep Permintaan : kebutuhan/keinginan manusia yang didukung oleh daya beli. Karena kebutuhan/keinginan yang tidak terbatas, namun sumber daya yang dimiliki terbatas, jadi mereka lebih memilih produk-produk yang menghasilkan kepuasan maksimal.
- Konsep Produk : sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan, ataupun dikonsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan. Disini produsen perlu mengetahui apa yang diinginkan konsumen untuk kemudian menyediakan produk yang sedekat mungkin dengan pemuasan keinginan para konsumen.
- Konsep Pertukaran : kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
- Konsep Transaksi : transaksi mengandaikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan diantara dua pihak yang melibatkan sedikitnya dua barang/ jasa yang bernilai, syarat-syarat yang telah disepakati, waktu kesepakatan, dan tempat kesepakatan.
- Konsep Pasar : himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
- Pasar : tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, atau daerah, tempat, wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan (konsumen) dan penawaran (produsen) yang saling bertemu dan membentuk harga guna memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan barang atau jasa.
- Pemasaran : proses perpindahan barang dan/ atau jasa dari produsen ke konsumen, atau kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan/ atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
- Kebutuhan : suatu keadan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu. Kebutuhan ini tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam kondisi hayati manusia, seperti makanan, pakaian, perumahan, harga diri, rasa aman, dan kasih sayang.
- Keinginan : kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang. Keinginan manusia dibentuk oleh institusi dan kekuatan sosial.
Marketing Mix (Bauran Pemasaran) adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain yang didukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yang tepat, harga yang layak, saluran distribusi yang baik, dan promosi yang efektif untuk menghasilkan respon yang diinginkan sehingga target market dapat tercapai. Dimana Marketing Mix ini terdiri dari empat kebijaksanaan pemasaran yang sering disebut dengan konsep 4P, yaitu :
- Produk (Product)
- Harga (Price)
- Saluran Distribusi (Place)
- Promosi (Promotion)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar