Senin, 15 November 2010

Tugas 7

1. Jelaskan secara singkat, 5 konsep pemasaran.
  • Konsep Permintaan : kebutuhan/keinginan manusia yang didukung oleh daya beli. Karena kebutuhan/keinginan yang tidak terbatas, namun sumber daya yang dimiliki terbatas, jadi mereka lebih memilih produk-produk yang menghasilkan kepuasan maksimal.
  • Konsep Produk : sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan, ataupun dikonsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan. Disini produsen perlu mengetahui apa yang diinginkan konsumen untuk kemudian menyediakan produk yang sedekat mungkin dengan pemuasan keinginan para konsumen.
  • Konsep Pertukaran : kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
  • Konsep Transaksi : transaksi mengandaikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan diantara dua pihak yang melibatkan sedikitnya dua barang/ jasa yang bernilai, syarat-syarat yang telah disepakati, waktu kesepakatan, dan tempat kesepakatan.
  • Konsep Pasar : himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
2. Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran.
  • Pasar : tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, atau daerah, tempat, wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan (konsumen) dan penawaran (produsen) yang saling bertemu dan membentuk harga guna memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan barang atau jasa.
  • Pemasaran : proses perpindahan barang dan/ atau jasa dari produsen ke konsumen, atau kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan/ atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep pemasaran.
  • Kebutuhan : suatu keadan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu. Kebutuhan ini  tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam kondisi hayati manusia, seperti makanan, pakaian, perumahan, harga diri, rasa aman, dan kasih sayang.
  • Keinginan : kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang. Keinginan manusia dibentuk oleh institusi dan kekuatan sosial.
4. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan "Marketing Mix".  
    Marketing Mix (Bauran Pemasaran) adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain yang didukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yang tepat, harga yang layak, saluran distribusi yang baik, dan promosi yang efektif untuk menghasilkan respon yang diinginkan sehingga target market dapat tercapai. Dimana Marketing Mix ini terdiri dari empat kebijaksanaan pemasaran yang sering disebut dengan konsep 4P, yaitu :
  • Produk (Product)
  • Harga (Price)
  • Saluran Distribusi (Place)
  • Promosi (Promotion)

Minggu, 14 November 2010

Tugas 6

1. Jelaskan dengan singkat, sifat produksi yang saudara ketahui. (Maksimal 4)
  • Sifat produksi berdasarkan bahan baku : dalam hal ini produsen harus melakukan pemilihan bahan baku yang tepat untuk melakukan produksinya,agar hasil barang produksinya tersebut menjadi berkualitas baik dan tidak mengecewakan para konsumen.
  • Sifat produksi berdasarkan proses pengolahannya : dimana dalam hal ini produsen harus memikirkan cara pengolahan barang yang akan diproduksi dengan lebih mudah dan secepat mungkin agar tidak mengecewakan pasar dan dapat memenuhi permintaan pasar.
  • Sifat produksi berdasarkan daya tahan barang yang diproduksi : disini produsen seharusnya memikirkan berapa lama barang yang akan diproduksi dapat bertahan didalam masyarakat agar dapat mengetahui berapa banyak jumlah barang yang harus di produksi untuk mnghasilkan keuntungan yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan.
  • Sifat produksi berdasarkan cara pemakaian dan pemeliharaannya : ketika suatu barang diciptakan oleh produsen, pasti produsen tersebut akan memikirkan tujuan diciptakannya barang tersebut dan memikirkan bagaimana cara memeliharanya yang baik. Karena jika barang yang diproduksi tersebut tidak memiliki tujuan yang tepat dan cara pemeliharaan yang rumit, maka barang tersebut pasti tidak akan laku di pasaran.
2. Jelaskan secara singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi.
  • Secara Umum, Produksi adalah suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) menjadi keluaran (output) yang memiliki nilai jual dan kegunaan tertentu sehingga dapat diminati dalam pasar.
  • Secara Ekonomi, Produksi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan usaha penciptaan dan penambahan kegunaan atau utilitas suatu barang dan jasa, yang menghasilkan kekayaan melalui eksploitasi manusia terhadap sumber-sumber kekayaan lingkungannya tersebut.
3. Dalam bidang produksi mempunyai 5 tanggung jawab keputusan utama. Sebutkan dan jelaskan!
  • Proses : keputusan-keputusan dalam kategori ini menentukan proses fisik atau fasilitas yang digunakan untuk memproduksi barang atau jasa, yang mencakup jenis peralatan dan tekhnologi, arus proses, tata letak (lay out) peralatan, dan seluruh aspek fisik pabrik atau fasilitas jasa pelayanan, terutama dalam menentukan harga suatu barang, agar tidak menyebabkan kerugian maupun kebangkrutan.
  • Persediaan : manajer persediaan membuat keputusan-keputusan dalam bidang produksi, menyangkut apa yang dipesan, berapa banyak pemesanan, serta kapan pemesanan akan dilakukan. Persediaan tidak boleh terlalu tinggi, karena dapat mengganggu cash-flow, dan persediaan juga tidak boleh terlalu rendah.karena akan menyebabkan loss of sale.
  • Kapasitas : keputusan kapasitas dimaksudkan untuk menentukan besarnya kapasitas yang tepat dan penyediaan pada waktu yang tepat, biasanya dalam jangka pendek kapasitas kadang-kadang diperbesar dengan mengadakan sub-kontak kepada pihak luar atau penambahan regu (shift) eksta atau menyewa ruangan/peralatan tambahan, dan dalam kapasitas jangka panjang ditentukan oleh besarnya fasilitas fisik yang dibangun.
  • Tenaga Kerja : proses produksi tidak mungkin berlangsung tanpa tenaga kerja yang menggarap kegiata untuk menghasilkan produk, baik berupa barang atau jasa. Keputusan tentang tenaga kerja mencakup seleksi, penggajian, pelatihan, penempatan, penyeliaan atau supervisi.
  • Mutu/Kualitas : merupakan tanggung jawab produksi yang penting dan harus didukung oleh organisasi secara keseluruhan sehingga dapat memuaskan konsumen yang menggunakannya.

Jumat, 12 November 2010

Tugas 5

1. Sebutkan perbedaan dari manajement dan organisasi.
    Perbedaan dari Manajement dan Organisasi adalah :
  • Manajement merupakan suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran perusahaan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya dengan menggunakan metode ilmiah dan seni dalam setiap pendekatan atau penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi.
  • Organisasi merupakan suatu alat manajement yang berbentuk perserikatan untuk mencapai tujuan bersama, yang didalamnya terdapat tiga faktor atau unsur penting, yaitu adanya sekelompok orang, adanya hubungan dan pembagian kerja diantara mereka, dan adanya tujuan yang igin dicapai.
2. Mengapa manajement selalu dibutuhkan dalam setiap aktivitas kita? Jelaskan.
Karena manajement mempuyai fungsi-fungsi yang diantaranya :
  • Perencanaan ; dimana perencanaan tersebut merupakan pedoman untuk membawa perusahaan ke sasaran atau tujuan yang ingin dicapai di masa yang akan datang.
  • Pengorganisasian ; dimana pengorganisasian tersebut dibentuk dengan tujuan untuk memperringan atau mempermudah dalam menjalankan sebuah aktivitas perusahaan.
  • Pengarahan ; suatu pengarahan dilakukan supaya kegiatan yang telah diatur sedemikian rupa oleh suatu perusahaan berjalan dengan lancar, sesuai yang diharapkan oleh perusahaan tersebut.
  • Pengendalian ; pengendalian merupakan aktivitas untuk menemukan dan mengoreksi adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai.
3. Apa yang dimaksud dengan manajer yang efisien dan manajer yang efektif?
    Yang dimaksud dengan Manajer Efisien dan Manajer Efektif adalah :
  • Manajer Efisien : seorang manajer yang mampu me-manage suatu pekerjaan dengan menggunakan waktu dan biaya sesuai dengan kebutuhannya saja, dalam arti tidak membuang-buang waktu dan biaya tersebut untuk hal-hal yang kurang bermanfaat dalam mencapai tujuannya.
  • Manajer Efektif : seorang manajer yang mampu me-manage setiap pekerjaan dengan sebaik mungkin agar pekerjaan yang telah di kerjakan tersebut dapat menghasilkan suatu hasil yang tepat, akurat, dan pastinya tidak mengecewakan apabila dibandingkan dengan pengorbanan yang telah dilakukan (memuaskan).
4. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam dirimu.
    Faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi dalam diri saya adalah :
  • Keinginan untuk mencapai sesuatu yang saya harapkan,
  • Suatu tantangan yang menarik minat saya,
  • Dorongan dari orang-orang yang ada disekeliling saya,
  • Tanggung jawab dari diri saya,
  • Kesempatan untuk lebih maju,
  • Keinginan untuk menjadi lebih baik.

Kamis, 04 November 2010

Tugas 4 pengantar bisnis

1. merek adalah nama atau symbol yang bersifat membedakan (baik berupa logo, cap atau kemasan) untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari seorang penjual atau kelompok penjual tertentu, merek juga merupakan kekayaan industri yang termasuk kekayaan intelektual.
contoh :



2. nama merek adalah bagian dari merek dimana bagian dari merek yang dapat di sebutkan atau di eja.
contoh :




3. logo adalah suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara dan hal-hal lainnya yang di anggap membutuhkan hal yang singkat dan murah di ingat sebagai pengganti dari nama yang sebernarnya.
contoh :



4. merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama - sama atau badan hukum yang membedakan dengan barang - barang sejenis lainnya.
contoh :


5. hak cipta adalah hak yang ekslusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu yang pada dasarnya, hak cipta merupakan hak untuk menyalin suatu ciptaan.
contoh :



sumber : www.google.com